Kamis, 03 Mei 2012

Organisasi Kehidupan


Makhluk hidup ada yang tersusun dari satu sel (unisel) dan  ada yang tersusun dari beberapa sel (multisel). Sekarang lakukan kegiatan penyelidikan untuk melihat bahwa ternyata terdapat sel yang untuk melihatnya kamu tidak perlu menggunakan mikroskop.
Pada umumnya sel berukuran sangat kecil, dapat dilihat hanya dengan bantuan mikroskop. Beberapa sel dapat dilihat hanya dengan penglihatan biasa seperti yang sudah kamu lakukan pada kegiatan penyelidikan. Namun demikian terdapat juga sel yang tidak bisa kamu amati tanpa bantuan mikroskop.
1.    Sel
Sel merupakan unit terkecil tempat berlangsungnya aktivitas kehidupan suatu organisme. Sel-sel tersebut nantinya akan menyusun tubuh makhluk hidup melalui pengorganisasian yang sistematis. Dalam organisasi tubuh, sel memiliki peranan yang sangat penting,  tetapi kamu tidak dapat mengamati  secara jelas sel pada tanaman atau pada hewan hanya dengan mata telanjang. Kamu membutuhkan alat bantu berupa kaca pembesar atau mikroskop. Ketika pertama kali mikroskop dibuat, dunia baru mulai terbuka bagi ilmuwan. Untuk pertama kali ilmuwan dapat melihat sel tunggal dan satu sel dari organisme multisel, yang apabila dengan mata biasa tidak jelas terlihat. Sel yang tidak memiliki membran inti yang melindungi material inti dinamakan sel prokariotik. Contoh sel prokariotik misalnya sel bakteri dan alga biru. Sel yang memiliki membran pelindung material. inti disebut sebagai sel eukariotik. Contoh sel  eukariotik adalah sel hewan dan sel  tumbuhan hijau.
  v  Struktur sel tumbuhan dan hewan
1.   Membran Sel: Membran sel berfungsi melindungi isi sel dan tempat keluar masuknya bahan yang ada di dalam sel.
2.      Dinding sel: Dinding  sel hanya ditemukan pada sel tumbuhan. Dinding  sel  ini kaku dan kekakuan tersebut memberi  bentuk pada  sel. Terdapat di sebelah luar dari membran sel.
3.      Kloroplas: Kloroplas ini adalah organel yang hanya dapat ditemukan pada sel  tumbuhan. Di dalam kloroplas terdapat klorofil.
4.  Sitoplasma: Sitoplasma  berbentuk gel (seperti  jeli, kental), semua  organel dapat ditemukan  pada sitoplasma
5.    Mitokondria: Mitokondria  merupakan tempat pembangkit energi untuk  keperluan sel. Sel yang aktif  biasanya  lebih banyak memiliki mitokondria
6.   Membran Inti: Membran inti merupakan bagian yang melindungi inti, dan tempat lalu lintas bahan inti
7.      Inti: Inti berfungsi mengontrol semua kegiatan sel
8.      Vakuola: Vakuola berfungsi untuk menyimpan makanan dan zat-zat kimia

2. Jaringan
Semua fungsi hidup pada organisme bersel satu dilakukan oleh sel tunggal itu sendiri. Pada organisme bersel banyak seringkali sel tidak dapat bekerja sendiri. Setiap sel bergantung kepada sel yang lain. Kerjasama dan interaksi diantara sel-sel ini menyebabkan organisme dapat mempertahankan hidupnya.
Sebuah sel  tumbuhan yang sebetulnya lebih detil disusun atas molekul, kemudian molekul ini menyusun bagian-bagian sel yang disebut organel. Kamu juga dapat mengamati sekumpulan sel tumbuhan yang memiliki bentuk sama. Sel-sel tersebut bersama-sama membentuk jaringan. Jaringan adalah sekumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Pada tumbuhan mempunyai bermacam-macam jaringan. Jaringan  pembuluh kayu (xilem)  misalnya, berfungsi mengangkut air  dan unsur hara dari akar ke daun, sedangkan jaringan pembuluh tapis (floem) mengangkut zat  makanan dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan. Pada hewan maupun manusia juga mempunyai bermacam-macam jaringan. Ada jarringan epitel, jaringan otot, jaringan. Penyusun tubuh tumbuhan tingkat tinggi berawal dari tersusunnya molekul kemudian menjadi organel plastida(klorofil) kemudian menjadi  sel epidermis sel-sel tersebut membelah menjadi jaringan bunga karang dan membelah lagi sehingga terbentuk organ daun kemudian terbentuklah organisme pohon.
3.    Organ dan Sistem Organ

Beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan fungsi kerja tertentu disebut dengan sistem organ. Contoh sistem organ pada hewan dapat kita lihat pada Gambar di samping. Pada gambar tersebut tampak system pencernaan makanan pada burung. Sistem pencernaan tersebut dibentuk oleh berbagai macam organ yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan anus. Contoh sistem organ yang lain misalnya: sistem saraf, sistem peredaran darah, sistem pernafasan, system pengeluaran, sistem peredaran darah, sistem reproduksi,  sistem hormon, sistem rangka, dan sistem otot. Contoh sistem organ pada tumbuhan misalnya: organ akar, daun, dan batang yang bersatu membentuk sistem pengangkutan mineral dan air ke seluruh tubuh demikian juga sebaliknya system peredaran makanan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh tubuh.
4.    Organisme
Kumpulan sistem organ yang saling berhubungan dan bekerja sama akan membentuk suatu organisme. Tubuh manusia merupakan organisme yang terbentuk dari berbagai sistem yaitu system pencernaan, sistem peredaran darah, sistem pengeluaran, sistem pernafasan, sistem koordinasi, dan sistem reproduksi.

6 komentar:

  1. Wow blogx keren,.......
    ajarin donk,....heheeheheheeheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih komentarnya mas Faqih..
      Iya pasti kalau bisa saya ajari.. :)

      Hapus
  2. blog u bagus bagroundx, terus animasi-animasix keren.
    antara tulisan n bagroundx tidak kontras maksudnya tulisannya jelas tidak terbawa oleh baground n juga tidak terlalu rame...........kembangkan y kemampuanx......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih atas komentarnya mb'Ulfa..
      Iya semoga karya-karya selanjutnya aka menjadi leih bagus lagi dan sangat bermanfaat untuk pembelajaran IPA.. :)

      Hapus
  3. blognya bagus..
    animasi dan bagroudnya sudah cocok, dan gambar yang diberikan sangat menunjang untuk materi yang diberikan sudah bagus. jadi dapat memberikan motivasi atau semangat bagi para pembaca yang ingin belajar.
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih atas komentarnya mb'Nurhayati..
      Saya berharap semoga karya-karya selanjutnya aka menjadi leih bagus lagi dan sangat bermanfaat untuk pembelajaran IPA bagi guru dan siswa.. :)

      Hapus